teknologi di masa depan

Posted by Unknown Rabu, 20 Februari 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :

10 Teknologi Masa Depan


    Teknologi berkembang sangat cepat di dunia, berbagai macam teknologi telah diciptakan. Akan tetapi masih banyak lagi teknologi – teknologi yang ada di pikiran manusia dan bisa dibilang sebagai khayalan tentang teknologi canggih yang ingin diciptakan. Mungkin belum pernah terbayangkan oleh pikiran kita sendiri. Akan tetapi, saat ini ada beberapa teknologi yang ingin dikembangkan yang mungkin benar – benar revolusioner. Suatu saat nanti akan ada beberapa teknologi canggih yang akan membantu kita dimasa depan nantinya.

Beberapa teknologi yang revolusiner yang akan dikembangkan di seluruh dunia dan akan merubah ataupun membantu kehidupan kita sendiri.

1.     Mesin-mesin Cerdas Seukuran Atom, Nanoteknologi







Nanoteknologi teknologi masa depan yang dapat membantu manusia untuk memanipulasikan partikel – partikel kecil yang hanya seukuruan atom. Nanometer mempunyai ukuran 1 per Semilyar Meter yang mungkin sangat-sangat kecil dan sulit di pegang dengan tangan kosong atau tanpa menggunakan alat penjepit. Sangat hebat bukan kecanggihannya!!   

Sebagai tujuannya nanoteknologi diperkirakan mampu menciptakan material-material baru di masa depan. Mungkin saja material itu akan lebih hebat dari intan, bahkan sangat ringan, bisa tahan dari segala cuaca baik panas ataupun cuaca yang sangat dingin, dan masih banyak kelebihan-kelebihan yang ada pada nanoteknologi kemungkinan aplikasinya pun akan sangat lebih dhasyat.

Dengan kecanggihan nanoteknologi yang mungkin akan dapat menciptakan robot yang berukuran kecil (Nanobots) dan dapat memasukkannya kedalam tubuh manusia yang dapat menyembuhkan segala penyakit bahkan menghancurkan sel-sel kanker juga memperkuat tubuh manusia. Bahkan akan diperkirakan juga jika nanobots (Nanoparticles) dapat menutup kembali lubang - lubang ozon. Supercomputer pun bisa menjadi seukuran korek api dan menyimpan jutaan gigabyte informasi di seluruh dunia.

2.     Manusia – Manusia Super, Rekayasa Genetika





    Manusia telah berhasil memetakan gennya pada proyek raksasa “The Human Genome Project”. Dengan ini manusia dapat mengetahui tiap gen dalam tubuh manusia dari bentuk manusia, penyebab penyakit, gen yang membentuk ingatan, yang menciptakan kecerdasaan otak, juga gen khusus yang mengatur penuaan.

Rekayasa genetika memungkinkan dapat melahirkan manusia masa depan yang lebih unggul lagi dan berumur lebih dari 100 tahun (1 abad) lamanya. Jika saja manusia yang dapat mengetahui gen kecerdasan special dari ilmuwan – ilmuwan ternama yang sangat cerdas.

Tidak hanya pada manusia saja rekayasa genetika dapat di uji coba, pada tumbuhan dan hewan pun dapat dilakukan rekayasa genetika. Pada tumbuhan seperti tumbuhan pertanian akan membuahkan hasil yang sangat bagus dan baik berkali-kali lipatnya. Jika pada hewan, akan menghasilkan daging yang berkualitas dagingnya.





3.    Energi Terdahsyat di seluruh Alam Semesta, The Power of the Stars



Matahari selalu mengeluarkan energi setiap detiknya yang digunakan seluruh manusia sepanjang sejarahnya. Energi plasma hidrogen raksasa sebesar 380 Milyar Mega-Watt (380^26MW) per detik. Dikenal dengan energi Fusi Nuklir, The Power of The Sun.

Di kota kecil Cadarache ujung selatan Perancis dilakukan percobaan besar dengan sebuah proyek yang bernama ITER. Dengan panas yang mencapai 150 juta derajat celcius, nyaris 10 kali panas inti Matahari atom Deuterim dan Tritium disini dileburkan. Wadah peleburannya ttidak dapat meleleh dikarenakan dilindungi medan magnet Tokamak. Deuterium dapat dihasilkan dari air laut dan Tritium dapat di bentuk dari lithium dari batu alam.

Energi ini akan sangat efisien dan besar manfaatnya bagi setiap manusia karena energinya yang begitu ramah lingkungan.

4. Regenerasi Wolverine, Stem Cell



Seandainya, segala penyakit yang ada pada tubuh manusia bahkan penyakit yang ganas dapat disembuhkan akan membuat hidup kita terasa nyaman dan kesehatan pun sangat sempurna.

Tahukah kalian salah satu komik yang berjudul “X – Men”, pasti tahulah tentang tokoh superhero yang ada dalam komik tersebut yang bernama Wolvarine. Jika tertusuk benda tajam atau semacam pisau, lukanya akan segera sembuh dan nyaris tanpa bekas. Karena dia dapat meregenerasikan seluruh sel-sel tubuhnya dengan sempurna. Sayangnya itu hanya sebuah cerita dalam khayalan saja.

Jika dikehidupan nyata atau dunia kita, ada cacing yang bernama “Planaria Worm” yang hidup di laut maupun di sungai. Cacing tersebut dapat menumbuhkan kembali seluruh tubuhnya. Meskipun tubuhnya terpotong kecil dan hanya tubuhnya yang tersisa, bahkan kepalanya hilangpun, dia dapat menumbuhkannya lagi.

Jika cacing saja dapat melakukannya, kita sebagai manusia pasti juga ingin dapat mengganti sel-sel yang rusak dengan sempurna dan dapat menyembuhkan kembali luka-luka dengan cepat. Teknologi biology molekuler bernama Stem Cell atau Sel Induk nyaris saja dicapainya oleh para ilmuwan. Sel dasar ini dapat merubah atau dirubah menjadi sel atau organ di tubuh manusia.

Stem Cell sangat revolusioner bagi kesehatan setiap manusia di seluruh dunia, terutama bagi kesehatan manusia itu sendiri.

5.    Komputer Kuantum





Jika saja komputer masa depan mempunyai kecepatan lebih besar dari supercomputer sekarang pasti itulah yang diinginkan setiap manusia, berkali-kali lipat lebih cepat dari IBM “Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya 1.7 petaflops (1 petaflops = 10^15 operasi per detik).

Komputer kuantum sangat dahsyat karena diciptakan dengan menggunakan fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement. Jika kita ingin memecahkan kode yang digitnya 140, akan butuh waktu yang sangat lama. Tapi hanya dengan komputer kuantum, akan dapat dipecahkan hanya dengan hitungan menit saja. Dan komputer ini nantinya akan dapat digunakan untuk memprediksikan cuacau di bumi juga gejala-gejala alam yang dapat diketahui berbulan-bulan sebelumnya. Begitu canggihnya dan hebatnya kegunaan dan kelebihan komputer kuantum ini.

6.    Jubah Menghilang Harry Potter, Metamaterial

Pastinya tahu kan kalian film Harry Potter! Masih ingat jubah yang digunakan oleh Harry Potter untuk menghilang dan tidak terlihat oleh mata manusia biasa. Kali ini para ilmuwan ingin menciptakan metamaterial canggih seperti jubah menghilang seperti milik Harry Potter.

Banyak yang bilang tidak akan ada matematerial yang canggih di dunia, karena menyalahi alam semesta ini. Tapi para ilmuwan ingin meyakinkan dengan menciptakan metamaterial canggih.






Hal ini dapat dilakukan, contohnya radiasi elektromagnetik yang dapat dibelokkan dengan menciptakan material artifisial. Cahaya mampu dibelokkan oleh Metamaterial, berkeliling pada obyek-obyek yang diselimutinya. Penelitian di Perdue University, mereka menggunakan jarum khusus yang digunakan untuk membelokkan cahaya lalu obyek dibelakangnya akan terlihat.

Material ini sedang diteliti di seluruh dunia termasuk di MIT, University of California Berkeley, Duke University, dan Caltech di LA.

7.    Space Elevator, Tangga Menuju Bintang – Bintang 



Space Elevator atau Tangga Luar Angkasa bisa dibilang seperti lift pada umumnya, akan tetapi bedanya adalah pada tempatnya. Jika lift yang kita ketahui yaitu lift yang ada di mal-mal besar, tetapi Space Elevator adalah lift yang bisa dibilang lift tertinggi dan terpanjang karena bisa mencapai luar angkasa. Dari bumi menuju orbit luar angkasa yang tingginya mencapai 35.000 kilometer. Dengan adanya lift ini, kita tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Kebanyakan orang mengharapkan program ruang angkasa yang tadinya berhenti sampai dibulan karena biayanya yang sangat mahal dapat dimulai kembali. Dan juga mungkin dapat pergi ke Planet Mars.

Karena kehebatan Carbon Nanotube hal ini dapat terwujudkan, karena material ini lebih kuat dari sebuah intan. Akan ada era baru suatu saat nanti dalam penjelajahan ruang angkasa.

8.    Memasuki Era Hiper-Sonik, Scramjet



Dunia transportasi akan menjadikan Scramjet sebagai revolusi terbesar pada sejarahnya. Raptor milik Amerika  F/A-22 menjadi pesawat tempur tercanggih saat ini di dunia dengan kecepatannya maksimal Mach 2 atau 2 kali kecepatan suara. Sedangkan pesawat Scramjet akan terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, Mach 10.

Jika kita sedang tinggal di New York dan ingin pergi ke Tokyo menempuh waktu yang cukup lama yaitu 18 jam (1080 menit), jika di tempuh dengan menggunakan pesawat Scramjet waktu yang ditempuh hanya 120 menit.

Bahan bakar yang digunakan pesawat ini bukan bahan roket yang sangat mahal dan berat, bahan bakarnya menggunakan hidrogen cair dicampur dengan penyedotan oksigen langsung dari atmosfer.

9.    Fountain Of Youth, Resveratrol

Suatu saat nanti kita pasti akan menemukan suatu cara yang akan membuat kita hidup dalam waktu yang cukup lama bahkan bisa mencapai ratusan tahun. Para ilmuwan menemukan sesuatu yang dinamakan “Sirtuin”, Silent Information Regulator 2 (Sir2) proteins dan reveratrol, zat antioxidan yang terdapat pada anggur merah.

Sebuah obat dengan kode SRT 1720 yang katanya lebih kuat dari resveratrol telah ditemukan para ilmuwan.

10. Singularitas.




Di masa depan nanti akan ada sebuah rekayasa genetika pada manusia yang akan mempunyai fisik dan kecerdasan yang hampir sempurna.

Jika ada komputer kuantum dan nanoteknologi akan memungkinkan manusia memasukkan Quatum Computer berukuran partikel ke dalam otak dan menggunakan partikel nano untuk memperkuat tubuh manusia. Ini adalah penyatuan antara biologi dan teknologi



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: teknologi di masa depan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rezma07.blogspot.com/2013/02/teknologi-di-masa-depan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of fafa's blog.