dosen yang baik dalam mengajar

Posted by Unknown Rabu, 20 Februari 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :

Tangkis Gaptek, Dosen ITS Belajar Buat Materi Kuliah Menarik



Ilustrasi : Corbis
Ilustrasi : Corbis
JAKARTA - Dalam menyampaikan materi perkuliahan, dosen perlu didukung dengan cara mengajar dan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Sebab, terkadang mata kuliah yang sebetulnya santai menjadi terasa berat ketika cara penyampaian dan penyampaian materi kuliah sangat monoton dan membosankan.  
Untuk mengatasi hal tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelarWorkshop Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran kepada sejumlah dosen. Salah satu pembicara Nur Qomaruddin menyatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dosen dalam menyampaikan materi yang lebih menarik bagi para mahasiswa.
 
''Tujuan diadakannya workshop meningkatkan kompetensi dosen-dosen, menambah wawasan mereka dalam menyajikan materi bahan ajar. Bukan berarti saat ini dosen tidak baik dalam menyajikan materinya, namun kompetensi dosen masih dapat ditingkatkan lagi dengan berbagai teknik yang lain," tutur Nur, seperti dinukil dari ITS Online, Jumat (16/11/2012).
 
Workshop ini menyampaikan bagaimana menyajikan materi bahan ajar berbasis e-learning. Salah satu teknik yang disampaikan dalam workshop ini ialah optimalisasi penggunaan fitur-fitur power point. ''Dosen akan dibekali bagaimana caranya memanfaatkan fitur-fitur power point, seperti video capturedan screen capture,'' paparnya.
 
Selain itu, para dosen juga dibekali pengatahuan bagaimana cara membuat link website dan video padapower point. Tutor menyarankan dosen untuk dapat memasukkan flash video dan animasi pada slidepresentasi untuk membuat penyampaian materi bahan ajar yang lebih menarik.
 
''Dosen memberikan respons yang baik, mereka tertarik untuk mengikuti. Meskipun, ada beberapa dosen sepuh yang sedikit terbatas untuk mengikuti arahan dari workshop ini karena tidak familiar dengan penggunaan fitur-fitur power point," imbuhnya.
 
Mengingat manfaat workshop tersebut, maka kegiatan ini akan dilakukan secara kontinyu dengan peserta workshop yang digilir dari berbagai dosen di setiap jurusan. ''Kegiatan ini memang baru dimulai tahun ini dan workshop ini adalah pelaksanaan yang kedua di tahun ini,'' kata Nur.
(mrg
)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: dosen yang baik dalam mengajar
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rezma07.blogspot.com/2013/02/dosen-yang-baik-dalam-mengajar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of fafa's blog.