pemanfaatan teknologi digital

Posted by Unknown Kamis, 28 Februari 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :

Pemanfaatan Teknologi Digital Di Berbagai Bidang

f3c54a6afcc1d42558a305263806717a_img01641-20120619-2319Wah sudah lama saya tidak ikut kontes blog. Kali ini, kebetulan dapat info dari Komunitas Ngawur yang bekerja sama dengan Pusat Teknologi dan tergabung dalam Blogger Nusantara mengenai sebuah kontes blog dengan tema Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia. Salah satu tema yang sangat menarik untuk dibahas di mana teknologi digital sudah sangat berkembang dewasa ini. Saya dengan senang hati mempersembahkan tulisan ini kepada seluruh pembaca Nusantara. :D
Seiring perkembangan zaman yang kian hari kian pesat, perkembangan gaya hidup manusia sesuai zamannya diikuti pula dengan berkembangnya teknologi yang siapapun bisa merasakannya. Teknologi bukan lagi hal yang baru di kehidupan, dan seiring perkembangannya dewasa ini, hampir sebagian besar umat manusia di dunia ini sudah menggunakan teknologi dalam kehidupannya sehari-hari. Teknologi sangat dibutuhkan dan merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Tidak heran jika teknologi dikatakan sudah tidak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan manusia.
Zaman ini sudah bisa disebut sebagai zamannya teknologi canggih. Kecanggihan teknologi mulai mengisi kehidupan manusia di segala bidang. Apapun seakan sudah bisa di-canggih-kan, bahkan hal-hal yang belum terpikirkan sudah bisa kita rasakan.
Dari sekian banyak teknologi canggih yang sudah sangat berkembang dewasa ini, salah satunya yang sudah sering kita gunakan adalah teknologi digital. Mengapa saya katakan demikian? Lihat ke diri kita masing-masing. Apa yang paling dekat dengan diri kita saat ini? Handphone, gadgets, komputer, laptop, kamera digital, jam tangan digital, dan lain sebagainya ada di dekat kita. Bahkan ketika saya menulis artikel ini pun, saya menggunakan salah satu teknologi digital yaitu laptop sebagai medianya. Dan saya jamin Anda semua pun ketika membaca artikel ini pasti sedang menggunakan teknologi digital. Itu sudah pasti.
Tidak jarang kita temukan orang yang terkenal dengan pemanfaatan teknologi digital. Tidak jarang kita temukan orang yang mendapatkan teman banyak dengan pemanfaatan teknologi digital. Tidak jarang kita ketahui ada orang yang menjadi jutawan dengan pemanfaatan teknologi digital.
Teknologi digital sudah sangat mempengaruhi kehidupan kita. Segala bentuk aktivitas kita lewatkan dengan memanfaatkan teknologi digital. Berkembangnya teknologi digital seiring dengan perkembangan diri kita; mulai dari pengembangan diri, perkembangan gaya hidup, perkembangan pendidikan, perkembangan sosial, dan lain sebagainya. Tidak jarang kita temukan orang yang terkenal dengan pemanfaatan teknologi digital. Tidak jarang kita temukan orang yang mendapatkan teman banyak dengan pemanfaatan teknologi digital. Tidak jarang kita ketahui ada orang yang menjadi jutawan dengan pemanfaatan teknologi digital.Indonesia pun kini terkena ‘imbas’ dari perkembangan teknologi digital tersebut.Di Indonesia sendiri, sudah banyak jutawan yang ‘terlahir’ oleh pemanfaatan teknologi digital. Sudah banyak juga yang terkenal, memiliki teman di mana-mana, atau bahkan hidup dengan pemanfaatan teknologi digital itu sendiri.
86dd8efbc8596fff9c0244a6fe2eaa26_teknologi_digital
Dunia dengan teknologi digital tidak lagi merupakan sesuatu yang aneh. Sebagian besar negara di dunia sudah biasa menggunakan teknologi digital. Bahkan telah menjadi bagian dari kehidupannya. Termasuk di Indonesia. Pemanfaatan teknologi bukan lagi hal yang ‘wah’ dalam kehidupan bangsa Indonesia. Siapapun bisa memanfaatkannya dengan tujuan yang baik tentunya. Serangan teknologi digital di negara ini bisa dimanfaatkan oleh setiap individu Indonesia. Berbagai bidang yang ditekuni dalam negara ini sudah memanfaatkan teknologi digital sebagai ‘media’ atau ‘alat bantu’ aktivitas sesuai bidangnya. Saya akan mencoba menguraikan bagaimana pemanfaatan yang saat ini sedang terjadi di Indonesia.
I. Bidang Pendidikan
98b029510e3b2cecf0e11980fe93a188_img01644-20120619-2321_1340123229999_lTidaklah heran jika kita melihat laboratorium komputer di SMP atau pun SMA Indonesia, bahkan beberapa SD pun sudah memilikinya. Pentingnya mempelajari teknologi canggih seperti teknologi digital sudah membuat Pelajaran Komputer menjadi ilmu pengetahuan yang patut kita pelajari di zaman modern ini. Pentingnya komputer dalam mendongkrak pendidikan sudah disadari oleh setiap orang. Itulah sebabnya Komputer sudah mulai dipelajari oleh orang banyak termasuk kaum pelajar yang masih muda demi persiapan diri menatap perkembangan zaman yang seakan diinvasi oleh teknologi digital.
Tidak hanya di sekolah, di perkuliahan juga teknologi digital dipakai sebagai bidang ilmu. Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer sebagai contohnya, juga menjadi tempat pembelajaran bagaimana teknologi digital sudah menjadi bidang pendidikan yang menuntun manusia ke arah dunia digital dengan ‘mata terbuka’ dengan ilmu komputer yang diajarkan. Di jurusan lain juga, pentingnya teknologi digital dimanfaatkan oleh mahasiswa/i dalam pelajarannya. Di saat perkuliahan, mahasiswa/i sudah banyak menggunakan laptop/komputer untuk mengerjakan tugas perkuliahan. Ada juga yang memanfaatkannya untuk menyimpan data perkuliahan. Ada juga yang menggunakannya untuk mempresentasikan bahan perkuliahan/tugas perkuliahan di depan kelas dengan bantuan proyektor sebagai layar besar yang membuat orang banyak bisa menyaksikan apa yang sedang dipresentasikan.
Selain itu juga teknologi canggih seperti internet juga menjadi pendongkrak kemajuan bidang pendidikan jika dimanfaatkan dengan baik. Internet merupakan gudang bahan pembelajaran yang dibutuhkan oleh pelajar maupun mahasiswa, yang sekarang ini minat ‘menyentuh buku’-nya sudah mulai menurun. Internet menjadi jawaban bagi mereka yang malas mencari buku di perpustakaan atau pun tempat lain yang menyediakan buku. Dengan internet juga, kita bisa berbagi bahan pelajaran. Misalnya, dalam pengalaman saya sebagai mahasiswa, e-mail sering saya gunakan untuk bertukar bahan pelajaran yang didapatkan dari orang lain yang kebetulan punya bahan pelajaran yang lengkap. Dengan e-mail, saya dengan teman dan yang lainnya bisa berbagi bahan pelajaran yang penting untuk pendidikan. Dosen juga terkadang mengirimkan bahan bacaan perkuliahan kepada mahasiswa melalui e-mail, yang tentu saja dioperasikan menggunakan media digital entah itu komputer maupun laptop.
Internet juga berisi media sosial yang bisa dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Juga menurut pengalaman saya sebagai mahasiswa, saya pernah mendapatkan bahan bacaan yang kemungkinan besar akan diujiankan di ujian akhir semester 3 lalu. Dengan membuat satu grup di media sosial Facebook dan merekrut teman-teman yang jurusannya sama dengan saya, maka grup itulah yang kami manfaatkan sebagai tempat diskusi ketika kami tidak bisa berkumpul secara langsung. Diskusi dengan memanfaatkan media sosial yang dioperasikan dengan teknologi digital tentunya membuat kami mendapat banyak pembelajaran yang dibutuhkan untuk ujian. Itulah pemanfaatan teknologi digital yang pernah kami manfaatkan demi mendongkrak pendidikan yang penting bagi kami.
Pemanfaatan teknologi digital harus digunakan sebaik-baiknya demi menunjang pendidikan di Indonesia. Pembentukan sumber daya manusia memang membutuhkan teknologi digital demi ‘terpakai’-nya kaum terdidik melek teknologi di masa kini dan masa mendatang. Pemanfaatan teknologi digital memangsangatpenting di bidang pendidikan sadar atau tidak kita sadari. Apa yang saya jelaskan di atas mungkin hanya sebagian kecil bagaimana pemanfaatan teknologi canggih di bidang pendidikan demi kemajuan bidang tersebut.
II. Bidang Bisnis
Pemanfaatan teknologi digital dalam bidang ini sudah mulai populer di kalangan pebisnis atau pun pengusaha. Ketika kita membuka akun Facebook kita, misalnya, kemungkinan besar apa yang tertera di homepage Facebook kita merupakan foto-foto produk yang diperjual-belikan via internet dengan memanfaatkan teknologi digital dan media sosial. Atau ketika kita mencari informasi di internet dan membuka suatu situs, banyak juga tertera iklan dengan maksud untuk memperjual-belikan produk tertentu. Pemanfaatan teknologi canggih di bidang ini sudah jelas terlihat efektif. Apalagi sudah banyak orang yang memanfaatkan situs belanja via online untuk membeli barang tertentu tanpa harus susah payah pergi ke toko.
Bagi pebisnis yang hanya punya modal cukup-cukupan untuk menjalankan bisnisnya, kini sudah tidak perlu menjajakan produknya dengan menyewa toko yang tentunya mahal harga sewanya. Cukup buat situs, atau manfaatkan media sosial yang ada, pembeli yang berniat membeli barang tanpa harus perlu ke tokonya bersedia menjadi pelanggan. Sungguh bermanfaat. Komputer atau laptop sebagai barang canggih dari teknologi digital sudah banyak sekali dimanfaatkan dalam bidang ini. Dengan teknologi digital lainnya, seperti gadget atau pun telepon seluler yang difasilitasi jaringan internet, pebisnis dan calon pembeli bisa dengan mudahnya berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung. Dengan memanfaatkan gadget atau telepon genggam yang difasilitasi internet, calon pembeli bisa mencari-cari barang yang ingin dicarinya dan ingin dibelinya via online. Calon pembeli bisa menghubungi penjualnya dengan telepon seluler, dan menyepakati harga. Pembeli cukup membayarnya dengan mentransferkan biayanya ke rekening penjual dan tidak harus pergi ke bank atau pun ATM terdekat dalam proses transaksi. Di internet yang bisa diakses dengan gadget miliknya, proses transaksi bisa dilakukan dengan mudahnya. Sama-sama untung dan merasakan kemudahan dalam pemanfaatan teknologi digital.
Teknologi canggih di bidang bisnis bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Apalagi oleh pebisnis atau pengusaha yang tidak punya modal cukup untuk membeli atau pun menyewa tempat/lapak jualannya. Dengan pemanfaatan teknologi canggih di bidang bisnis, pebisnis diberikan kemudahan dalam berbisnis. Hal tersebut juga dapat mendongkrak perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Jika orang-orangsemakin sadarbahwa teknologi digital itu sangat penting bagi pertumbuhan bisnis dan ekonomi Indonesia serta dibutuhkan dalam kehidupan ini, maka teknologi digital juga bisa diperjual-belikan bagi bangsa ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam peluang berbisnis. Pemanfaatan teknologi digital yang baik untuk Indonesia bisa memajukan negeri ini dengan pertumbuhan ekonomi dari bidang bisnis.
III. Bidang Sosial
f2e2a43ba640135d009c48128a3cce87_projector-benq-mx660pPemanfaatan teknologi digital sudah merambah di bidang sosial. Banyak media dari teknologi digital yang sudah dimanfaatkan untuk kebutuhan sosial secara umum. Misalnya saja, di masa euforia Piala Eropa tahun 2012 ini banyak kita temukan acara yang sering kita sebut dengan ‘nonton bareng (nobar)’ Piala Eropa mulai dari kafe, restoran, persimpangan jalan, bahkan di RT sekalipun. Acara nonton bareng ini dibuat untuk mengakrabkan individu-individu dalam suatu kebersamaan, dengan menonton Piala Eropa bersama-sama dalam satu layar entah itu layar besar proyektor atau pun TV. Kebersamaan tersebut bisa meningkatkan nilai sosial yang terus dijaga sebaik-baiknya. Keakraban yang tercipta menjadi bukti bahwa bidang sosial juga membutuhkan pemanfaatan teknologi digital. 82d20070e0a3f6ac5bf271111fd539b5_proyektor_nonton-bareng
Ada juga yang lain. Masih ingatkah Anda dengan kasus Bibit-Chandra dan Prita? Nah, teknologi digital digunakan dalam aksi sosial yang mendukung pembebasan masing-masing terdakwa hukum dengan kasusnya dengan bantuan media sosial yang ada seperti Facebook. Grup “1.000.000 Facebookers mendukung Bibit-Candra” dan juga “Koin Untuk Prita” diisi oleh jutaan orang sebagai anggota pendukung. Aksi dukungan tersebut mendapatkan banyak pendukung tambahan lewat teknologi digital, di mana setiap orang memberikan dukungannya sebagai aksi kepedulian sosial. Ada juga berbagai ucapan belasungkawa yang ditujukan kepada korban-korban bencana alam, korban kecelakaan, dan lain sebagainya dengan pemanfaatan teknologi digital. Masih banyak lagi sebetulnya.
Pemanfaatan teknologi digital bisa dengan baik digunakan di bidang sosial dalam menumbuhkan nilai-nilai sosial yang saat ini sudah mulai tenggelam dalam aksi kekerasan dan tindakan kriminal lainnya, asal digunakan dengan baik. Bagaimana sesungguhnya cara kita menyampaikan rasa kepedulian sosial kita kepada yang lain, dan bagaimana kita membentuk dan menjalankan nilai sosial yang berlaku dengan teknologi tidak ada salahnya asal dimanfaatkan dengan baik.
IV. Bidang Penelitian, Arsitektur, dan Bidang Keilmuan Lainnya
63fe2656a7e0a79d40bf3def4832afdf_mikroskop_digitalDi bidang penelitian sudah ada mikroskop, teleskop, teropong, dan sebagainya yang sudah di-digital-kan. Apa yang kita lihat dengan mikroskop, misalnya, bisa terpampang pada layar monitor yang menunjukkan apa yang kita lihat dengan menggunakan mikroskop. Teleskop dan teropong juga demikian. Tapi di Indonesia kemungkinan besar masih jarang atau malah belum ada sama sekali. Tetapi dalam bidang penelitian, teknologi digital sudah sangat diperlukan demi mendapatkan temuan-temuan baru. Pemanfaatan teknologi digital di Indonesia dalam bidang penelitian akan mempengaruhi kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia.
Di bidang arsitektur sendiri, pemanfaatan teknologi digital dapat membantu arsitek dalam pembentukan rancangan yang akan dibangun. Penggunaan teknologi digital dapat membantu arsitek dalam menentukan desain bangunan sampai ke tahap pembangunan rancangan tersebut. Teknologi digital yang saat ini sudah mengenal sebutan 3D yang sudah realistis di layar monitor telah memungkinkan arsitek untuk melakukan inovasi desain arsitektur yang kompleks ditinjau dari segi bentuk, struktur, fungsi, material, dan lingkungan. Teknologi digital saat ini sudah menampilkan bentuk rancangan dalam bentuk 3D (tiga dimensi) yang memudahkan arsitek dalam membuat rancangan dan bagaimana nantinya apabila sudah menjadi bangunan. Dengan pemanfaatan teknologi digital yang berkembang pesat saat ini tentu saja bidang arsitektur banyak terbantu.
Bidang keilmuan lainnya tidak dapat dipungkiri juga sudah memanfaatkan teknologi digital. Adapun bidang kedokteran, bidang fisika, matematika, kimia, dan lain sebagainya juga sudah memanfaatkan bidang teknologi digital. Di Indonesia, pemanfaatan teknologi digital dapat memajukan bidang keilmuan tersebut.
V. Bidang Fotografi, Musik, dan sebagainya
b5bbbb31472d49b60cff36165a4daa4d_img01643-20120619-2320Kamera digital sudah diperkenalkan dalam bidang potret-memotret (fotografi) sebagai bagian dari teknologi digital. Kamera digital malah lebih diminati daripada kamera yang dulu dipakai di generasi sebelum kamera digital. Kemudahan yang diberikan membuat dunia fotografi semakin maju. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan kamera digital pun lebih bagus daripada kamera generasi sebelumnya. Apabila tidak puas dengan hasil yang kita dapatkan dari kamera digital, tenang saja, masih ada software pendukung yang bisa digunakan untuk ‘memoles’ foto yang didapat. Banyak pilihan lain, seperti misalnya Adobe Photoshop yang sangat populer dan juga Instragam yang bahkan bisa langsung dibagikan ke dalam media sosial. dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, pemanfaatan teknologi digital sudah mendorong berbagai kaum, khususnya kaum muda, untuk terjun ke dunia fotografi dan memajukannya. Lihat sendiri karya-karya fotografer Indonesia di pameran foto atau pun di internet, luar biasa! Pemanfaatan teknologi digital dengan baik bisa menghasilkan keuntungan di dunia fotografi. Sudah banyak orang yang meraih keuntungan di bidang fotografi dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada.
f43d3a4158251aacefb090967bb71c2e_ipodDi bidang musik, contoh kecilnya saja kini kita bisa memanfaatkan gadget untuk belajar atau pun langsung memainkan alat-alat musik yang tersedia di dalamnya. Dengan Ipad, misalnya, kita bisa belajar memainkan alat musik seperti drum, gitar, bass, piano dan sebagainya secara digital. Kita tidak perlu pergi ke studio musik atau pun membeli alat-alat musik tersebut jika tidak ingin repot dan keluar uang banyak. Jika kita punya gadget yang memungkinkan kita untuk bisa memainkan berbagai alat musik, cukup download saja alat-alat musik yang ingin kita mainkan. Sambil duduk memangku gadget, kita bisa memainkan alat musik yang kita sukai. Bakat musik kita pun dapat tersalurkan dan bisa menjadi keahlian yang kemungkinan besar dapat bermanfaat di masa yang akan datang.
Atau jika sekedar ingin mendengarkan musik, teknologi digital sudah lama memfasilitasinya. Di telepon genggam saat ini sudah banyak yang memfasilitasi pengguna agar bisa menyimpan dan mendengar musik yang kita dengar. Teknologi digital seperti Ipod menjadi pilihan bagus bagi kita untuk mendengarkan musik. Dengan kecanggihan layar sentuh, kita bisa menggunakan Ipod hanya dengan sentuhan kita pada layarnya.
Masih banyak lagi teknologi digital yang bisa kita manfaatkan di berbagai bidang, seperti misalnya pemanfaatan teknologi digital di bidang perfilman, tulisan, dan lain sebagainya.
Apa yang sudah saya sebutkan di atas mungkin belum semuanya mencakup kehidupan manusia. Tetapi, dengan memanfaatkan teknologi digital di berbagai bidang tersebut dengan baik maka bersama-sama kita dapat memajukan Indonesia. Terbukti banyak sekali hal yang bisa kita kerjakan dengan pemanfaatan teknologi digital. Tapi perlu kita ketahui bahwa teknologi digital tidak selalu bermanfaat positif, banyak juga yang kita temukan bagaimana orang-orang sering memanfaatkannya secara negatif. Asal kita memanfaatkannya dengan baik dan positif, teknologi digital sangat bermanfaat dalam kehidupan kita yang kemudian bisa memajukan diri kita sendiri dan juga negara ini, negara Indonesia.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: pemanfaatan teknologi digital
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rezma07.blogspot.com/2013/02/pemanfaatan-teknologi-digital.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of fafa's blog.